Jumat, 27 Agustus 2010

Tools Standard

Sebelumnya readers, Photoshop tuh kan punya puluhan tools yang fungsinya beda-beda. Nah, aku di sini mau ngenalin dulu beberapa tools yang sering digunain di dalam Photoshop. Di antaranya ada Brush, Dodge, Burn, Pen, Magic Wand, dan Eraser Tools.


1. Brush Tool ()
Brush tools sering banget digunain terutama oleh orang yang kerjanya mewarnai anime. Ya, tentu aja sih, soalnya kan kalo mewarnai di Photoshop emang pake brush tools, meski nggak cuma brush aja yang digunain. Brush Tools sering juga digunain untuk nambahin gambar supaya ada efek berkilau, berbintang, bahkan ada juga tema brush bentuk awan. Semuanya digunakan untuk memberi corak pada gambar.

2. Dodge () and Burn Tools ()
Dodge sama Burn Tools itu letaknya ada di sudut yang sama di photoshop. Kalo mau diganti tinggal klik kanan di salah satu tombol. Trus bakal muncul deh opsinya. Ada Dodge, Burn, juga ada Sponge tool yang efeknya bakal di kasih tau di lain post.
Dodge Tool punya fungsi untuk meningkatkan kadar cahaya pada gambar. Burn Tool mengurangi kadar cahaya. Keduanya punya fungsi yaitu membentuk dimensi pada gambar (Highlight & Shadows). Dimensi dibutuhkan agar gambar yang dihasilkan terlihat 3D.

3. Pen Tool ()
Pen Tool kalo kita klik di lembar kerja Photoshop (Canvas) titik awal dan titik kedua yang di-klik akan terhubung dengan garis. Jika titik kedua dan selanjutnya kita tarik (di-klik, trus tahan dan tarik) maka akan membuat efek melengkung. Hasil dari Pen Tool ini disebut Path. Path bisa digunakan untuk banyak hal. Misalnya membuat seleksi. Cobalah membuka file foto kamu dan gunakan Pen Tool hingga hanya bagian tubuhmu yang dikelilingi oleh Path. Klik kanan pada bagian dalam Path dan pilih Make Selection. Klik OK. Nah, sekarang badan kamu udah terseleksi. Jadi kita bisa pindahin tuh "badan" kamu ke foto yang lain. Seleksi dengan Pen Tool lebih mudah dilakukan daripada Magic Wand untuk objek yang berwarna seperti foto kamu.

4. Magic Wand ()
Nggak selamanya kita harus menyeleksi gambar dengan Pen Tool. Kadang, jauh lebih mudah untuk menggunakan Magic Wand untuk menyeleksi. Misalnya ada foto kota yang di atasnya ada langit biru (kebayang gak?). Trus langitnya kita klik pake Magic Wand. Tau-tau seluruh langitnya udah terseleksi ^^ Eh, bukan mau seleksi langit ya? Tapi mau seleksi gambar kota? Gampang. Klik aja Ctrl+Shift+I atau pada menu Inverse. Tiba-Tiba kota yang sebelumnya nggak terseleksi jadi terseleksi loh. Trus kamu tinggal pindahin aja tu kota ke foto-foto yang lain. Gampang kan?

5. Eraser Tool ()
Nggak dijelasin readers juga udah tau apa kerjanya tool ini. Yak, kerjanya adalah menghapus! Tapi bukan ngapus gitu aja readers. Lihat palet Layer. Ada tulisan Background kan? Trus Lihat palet warna. Ada 2 warna dan warna itu untuk Foreground (yang depan) & Background (belakang). Kalo digunain di Layer Background, eraser tool akan membuat warna gambar sesuai warna background di palet warna. Misalnya warnya background biru, maka saat eraser tool digunakan warnajejaknya pun jadi biru. Kalo di Layer selain Background, eraser tool akan jadiin tu tempat warnanya transparan. Eraser Tool bentuk dan ukurannya juga bisa diubah-ubah kayak Brush Tool dengan cara klik kanan pada canvas.

Segitu dulu aja readers, semoga membantu pembelajaran kalian tentang Photoshop ya.

0 komentar: